Wednesday 28 October 2015

15 Cara Cepat Menyelesaikan Pekerjaan

Saat anda merasa volume pekerjaan anda mulai padat, Tentu anda akan susah menentukan mana yang harus segera dikerjakan dan  mana yang ditunda? untuk itu saya akan memberikan 15 cara cepat bagaimana  menyelesaikan pekerjaan anda.

Saat berada dalam kondisi itu anda akan  merasa bahwa pekerjaan yang anda kerjakan tidak pernah ada habisnya, Atau merasa pekerjaannya tumpang tindih, untuk itu  Bacalah Tips dibawah ini, semoga bisa membantu. 
READ AND THINK
1.   Don’t Go Bed Late
If you are Morning Person Don’t Go Bad Late, kalau memang anda bekerja di pagi hari Jangan sering begadang kalau memang tidak penting, ini merupakan salah satu cara cepat anda dalam menyelesaikan pekerjaan, karena dengan tidur yang cukup stamina dan energi anda akan tetap  prima, tubuh yang fit akan membuat mood anda tetap bagus dan anda akan bekerja maksimal sepanjang hari tanpa lelah berlebihan.
2.   Please Wake up Early Morning
If You Are Morning Person please wake up Early Morning. Jika anda adalah pekerja di pagi hari bangunlah sepagi mungkin, persiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk pekerjaan anda hari itu dengan tenang dan teliti tanpa terburu - buru, bila perlu sempatkan diri anda untuk jogging, olah raga dipercaya dapat meningkatkan stamina tubuh.
3.   Early Morning Prayer
Jangan lupa berdoa, mendekatkan diri kepada Yang Kuasa akan membuat anda menjadi lebih tenang dan anda akan merasa selalu diberkati dan terlindungi, ini akan membuat anda bahagia dan rileks, ingatlah bahwa pikiran orang yang bahagia akan lebih produktif.
4.   Breakfast
Biasakan sarapan setiap pagi, makan pagi akan membuat konsentrasi anda tetap terjaga, ini akan membantu anda berpikir dengan cepat dan tepat dalam menyelesaikan semua pekerjaan anda, termasuk terhindar dari berbagai macam penyakit dan system pencernaan.

5.   Coming On Time
Salah satu cara cepat menyelesaikan pekerjaan di kantor adalah  jangan telat masuk kantor kantor, semakin awal anda berada dikantor akan semakin baik, karena anda akan semakin dini menyiapkan segala sesuatu yang harus anda selesaikan. Ingatlah bahwa disiplin merupakan salah satu faktor penting yang bisa membuat karir anda bergerak  naik atau turun.

6.   Working Without Gadget
Inilah gangguan terbesar saat ini, ya gadged, tanpa disadari sebagian besar sudah sangat tergantung pada hp, iPad, tablet dan masih banyak lagi, anda bayangkan mengetik untuk   membalas 1 chat anda sudah kehilangan waktu kurang lebih 30 detik, bagaimana kalau anda membalas 10 Chat untuk 5 orang, silahkan dikali sendiri, berapa banyak waktu anda yang hilang.

7.   No Conversations
Selain gadged  ini dia gangguan yang sering muncul saat kita sedang serius mengerjakan sesuatu, ya teman anda sendiri, sering kali kita tidak “tega” menolak untuk berbicara dengan teman yang datang dan mengajak ngobrol, tetapi berapa banyak waktu yang hilang ketika anda mengobrol, apalagi membicarakan hal – hal yang tidak penting, kalau anda ingin cepat menyelesaikan pekerjaan anda hindarilah mengobrol di jam – jam penting khusunya pagi hari sampai sebelum waktu makan siang, karena pada pagi hari semangat sedang sedang tinggi- tingginya.

8.   List
Daftar pekerjaan merupakan cara cepat lainnya yang dapat membantu anda dalam menyelesaikan pekerjaan anda .oleh karena itu inventarisir semua pekerjaan dengan deadlinenya masing – masing, dari dari list itu, anda akan tahu berapa banyak jenis pekerjaan, waktu,dan kemampuan untuk menyelesaikannya.

9.   Clasification
Dengan bantuan list yang sudah anda buat tadi sekarang anda kelompokkan semua jenis pekerjaan yang akan diselesaikan pengelompokkan bisa dilakukan dengan mengacu pada :
a.       Jenis Pekerjaan
b.      Tenggat waktu penyelesaian, dan
c.       Tingkat kesulitan
Pengelompokkan ini dilakukan  untuk mengetahui dan mengantisipasi, jenis – jenis pekerjaan yang mempunyai tingkat kesulitan tinggi dan mana yang mudah diselesaikan. Apalagi kalau anda adalah seorang manajer,kepala divisi kepala bagian atau apapun yang sifatnya membawahi atau mempunyai staf lebih dari satu orang, tentu pengelompokkan ini akan sasngat membantu anda memonitor progress pencapaian secara berkala dari staf anda.

10.Priority
Dasarnya semua pekerjaan yang menjadi tugas anda adalah penting, tetapi yang membedakan adalah waktu penyelesaian dan dan juga cara menyelesaikannya, istilahnya terpenting dari yang penting, karena itulah harus dibuat skala prioritas.
Skala prioritas dibuat semata – mata untuk memutuskan pekerjaan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu dan membutuhkan perhatian lebih, anda bisa memprioritaskan pekerjaan dengan tipe seperti ini
Mendesak dan Tidak dapat ditunda (mengapa penting)?
a.       Jenis pekerjaan ini harus mendapat perhatian lebih karena menyangkut target waktu yang singkat  dan pekerjaan jenis ini biasanya menyangkut  nama baik dan reputasi lembaga atau organisasi anda.
b.      Semua tahu bahwa dijaman sekarang ini yang semuanya serba Instan, banyak perusahaan atau lembaga pemerintah yang berlomba – lomba memberikan pelayan yang serba cepat.  
c.       Ketika menghadapi pekerjaan tipe ini, jangan tanggung – tanggung untuk mengorbankan sedikit waktu anda, karena disinilah reputasi dan kompetensi anda diuji, cerdaslah membagi waktu anda.
d.      Jangan sampai anda terjebak disini dan menyebabkan reputasi anda menjadi buruk, hanya karena anda berpikir disaat yang sama anda sedang mengerjakan pekerjaan lain yang tidak kalah penting, atau sedang libur dan anda sedang bersama keluarga.

11.Asking
Jangan malu bertanya apalagi merasa pintar, apabila anda mengalami kesulitan. Saya yakin di tempat kerja anda banyak senior – senior atau teman anda yang syarat pengalaman  dan lebih menguasai bidang yang sedang anda kerjakan, karena itu jangan sungkan bertanya, selain melatih cara anda berkomunikasi, bertanya pada senior atau teman yang lebih tahu juga akan sangat membantu anda menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan tepat. mereka pasti akan membatu anda, asal anda mau bertanya.

12.  Consulting
Untuk setiap pekerjaan anda jangan lupa selalu konsultasikan dengan atasan anda, hal ini penting untuk koreksi pekerjaan anda, pimpinan anda akan memberikan koreksi, saran, kritikan dan lain – lain sebelum anda tuntaskan pekrjaan anda, semakin sering anda konsultasikan maka semakin cepat pula pekerjaan anda akan selesai.
13.   Take a Rest
Jangan lupa untuk mengambil sedikit waktu  istirahat, tubuh kita bukan robot, atau mesin, robot dan mesin saja sekali – kali butuh rehat, apalagi tubuh manusia, mata, tangan, punggung dll perlu relaksasi, duduk berlebihan itu tidak baik untuk kesehatan, karena itu setiap dua jam bekerja istirahatlah 10 menit untuk relaksasi.
Istrahat juga bermanfaat untuk mengembalikan stamina yang hilang selama anda bekerja. Yakinlah anda akan kembali segar usai beristirahat

14.   Carefullness
Teliti kembali setiap pekerjaan yang telah anda selesaikan, sebelum dilaporkan ke atasan. Memperbaiki seringkali lebih rumit dari pada mengerjakan dari awal.
Setiap organisasi pasti mempunyaI SOP (standard Operating Procedure) sebagai panduan dalam menyelesaikan setiap pekerjaan. Oleh karena itu jangan sekali – kali bekerja tanpa panduan dari SOP, ikutilah semua petunjuk yang ada dalam SOP, agar anda tidak berkali – kali melakukan perbaikan, semakin sering anda memperbaiki kesalahan semakin banyak pula waktu yang dibutuhkan untuk itu.

15.   Filling
Jangan lupa untuk mengarsipkan secara teratur semua dokumen penting yang berkaitan dengan pekerjaan anda. Pengarsipan yang baik akan memudahkan anda untuk bekerja dengan cepat, mencari subuah dokumen ketika dibutuhkan akan memakan waktu yang tidak sedikit apabila anda tidak tahu pasti dimana letaknya.
Pengarsipan bukan hanya berlaku untuk hardcopy tetapi filing softcopy juga sangat penting, rapikan setiap file anda di PC/Laptop anda, sehingga memudahkan anda ketika dibutuhkan.



2 comments:

  1. Pengalaman selama di kantor kah ini Kak?...hahahaha
    Mantab Kak lanjutkan biar lebih enak lg dibaca

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi Bim, tenang aja,,tulisan soal klinik akan segera di publish, kasih tau ani ko baca

      Delete